Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran time token untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di Kelas V SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan

Hasibuan, Alysah Hamidah (2024) Penerapan model pembelajaran time token untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di Kelas V SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
Alysah Hamidah Hasibuan PDF - Alysah hamidah hsb.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya antusias dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan belum optimal dan kurang bervariasi. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas melalui penggunaan model pembelajaran Time Token dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas V SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas V SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi di SD Negeri 200508 Sihitang Kota Padangsidimpuan. Subyek penelitian ini adalah 20 siswa kelas VB, 7 laki-laki dan 13 perempuan. Observasi dan butir soal tes berfungsi sebagai alat instrument. Dari hasil analisis data peneliti menemukan persentase aktivitas belajar yang meningkat pada siklus I pertemuan 1 mencapai 49,99%, siklus II pertemuan 2 mencapai 65,70%, siklus II pertemuan 1 mencapai 73,56% dan siklus II pertemuan 2 mencapai 92,14%. Dari analisis data hasil belajar siswa peneliti menemukan persentase yang meningkat dari kondisi awal nilai rata-rata siswa sebesar 52,25% dan ketuntasan siswa 15% ( 3 dari 20 siswa). Pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 66% dan ketuntasan siswa 40% ( 8 dari 20 siswa). Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa sebesar 80% dan ketuntasan siswa 80% ( 16 dari 20 siswa). Hasil nilai yang dicapai dalam penelitian ini sudah mencapai indikator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Hamidah, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran; Time token; Hasil belajar; Siswa; PPKn SD Negeri 200508; Sihitang; Kota Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 02 May 2025 09:28
Last Modified: 02 May 2025 09:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11990

Actions (login required)

View Item View Item