Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis keterampilan dasar mengajar guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101630 Portibi

Siregar, Ripka Aspia (2024) Analisis keterampilan dasar mengajar guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101630 Portibi. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500150.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah mengenai keterampilan mengajar guru dalam mata pelajaran IPA di kelas IV. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keterampilan dasar mengajar guru IPA kelas IV SD Negeri 101630 Portibi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas, dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan dasar mengajar guru IPA kelas IV SD Negeri 101630 Portibi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keterampilan guru IPA dalam mengajar di kelas IV SD N 101630 Portibi, dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keterampilan dasar mengajar guru IPA kelas IV SD Negeri 101630 Portibi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data hasil penelitian yang diperoleh dari nilai keterampilan dasar mengajar guru kelas IV/A dan IV/B. Teknik pengumpulan data adalah observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data (penyajian data), dan menarik kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data adalah perpanjangan waktu penelitian dan ketekunan pengamatan. Hasil dari penelitian ini adalah dideskripsikan berdasarkan dua (2) hal yaitu, keterampilan dasar mengajar yang dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA di kelas IV SD N 101630 Portibi yaitu: (1) Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran. (2) Keterampilan menjelaskan pembelajaran. (3) Keterampilan bertanya dalam pembelajaran. (4) Keterampilan memberikan penguatan. (5) Keterampilan memberikan variasi. (6) Keterampilan mengelola kelas. (7) Keterampilan memimpin kelompok. (8) Keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil perseorangan. Faktor yang mempengaruhi keterampilan dasar mengajar guru kelas IV SD Negeri 101630 ada dua (2) yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M. Pd dan Misahradarsi Dongoran, M. Pd
Keywords: Keterampilan dasar; Mengajar; Guru; Pembelajaran IPA; SD Negeri 101630 Portibi
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 25 Apr 2025 05:07
Last Modified: 25 Apr 2025 05:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11972

Actions (login required)

View Item View Item