Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dalam meningkatkan motivasi belajar IPS Siswa Kelas V di SDN 0604 Siraisan Padang Lawas

Majida, Nur (2024) Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dalam meningkatkan motivasi belajar IPS Siswa Kelas V di SDN 0604 Siraisan Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Pada Masa Penjajahan Di Kelas V SD Negeri 0604 Siraisan. (2)Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Pada Masa Penjajahan Di Kelas V SD Negeri 0604 Siraisan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 0604 Siraisan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan guru kelas SDN 0604 Siraisan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini di peroleh melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada siklus I masih rendah yaitu ada 12 siswa yang tuntas dari 23 siswa, yang tuntas dengan persentase rata-rata 52,2 % dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa dengan persentase 47,83 % kemudian pada siklus II sangat memuaskan yaitu ada 19 siswa dari 23 siswa yang tuntas dengan persentase rata-rata 91,30 % dan ada 2 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 8,70%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rahmadani Tanjung, M. Pd dan Nashran Azizan, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran; Reciprocal teaching; Motivasi belajar IPS; SDN 0604 Siraisan Padang Lawas
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 25 Apr 2025 05:14
Last Modified: 25 Apr 2025 05:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11966

Actions (login required)

View Item View Item