Hutapea, Ana Khofifah (2024) Peningkatan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran Pop Up Book dalam pembelajaran IPA Kelas IV SDN 347 Batahan Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500056.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Termasuk mengenai materi bagian-bagian tumbuhan di lingkungan rumahku pada pembelajaran IPA. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara belajar siswa di dalam kelas pada pembelajaran IPA masih menonton dan masih terpokus ke pada guru. Minimnya ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran karena kurang bervariasi menggunakan media pembelajaran, ketika pembelajaran berlangsung sehingga membuat siswa merasa bosan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurng, sehingaa peserta didik kurang aktif saat proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Peneliti mencari media yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan media Pop Up Book. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui peningkatan hasil belajar pesrta didik dalam mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 347 Batahan, melalui penggunaan media Pop Up Book pada materi bagian-bagian tumbuhan di lingkungan rumahku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi dengan guru wali kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 347 Batahan dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa. Instrumen pengumpulam data yang digunakan adalah lembar observasi dan butir soal. Analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleski. Peneliti ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan media Pop Up Book mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 orang dengan persentase 41,67% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 orang dengan persentase 58,33%. Siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang dengan persentase 58,33% sedangkan yang tidak tuntas 5 orang dengan persentase 41, 67%. Pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang dengan persentase 75% tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan persentase 25%. Sedangkan pada siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang dengan persentase 91, 67% dan yang tidak tuntas sebanyak 1 orang dengan persentase 8,33%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Media pembelajaran; Pop Up Book; Pembelajaran IPA; SDN 347 Batahan Kecamatan Batahan; Kabupaten Mandailing Natal |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 05:15 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 05:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |