Apriadi, Reza (2024) Pengaruh literasi keuangan digital, kebermanfaat dan daya tarik produk terhadap penggunaan E Wallet pada masyarakat Kotapinang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1940100149.pdf Download (3MB) |
Abstract
E-Wallet merupakan salah satu teknologi dalam industri keuangan yang memberikan pelayanan berupa kemudahan untuk bertransaksi dimanapun dan kapanpun tanpa harus membawa uang tunai ataupun menghabiskan waktu untuk mengantri. Masih ada masyarakat yang tidak menggunakan E-Wallet sebagai alat transaksinya, hal itu disebabkan karena meraka masih menganggap bahwa transaksi tunai lebih dipercaya dibandingkan dengan transaksi dengan menggunakan E-Wallet, kurangnya pengetahuan dalam memutuskan memiliki keuangan digital, ketidaktahuan masyarakat dalam hal kebermanfaatan dalam menggunakan E-Wallet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruhh literasi keuangan digital, kebermanfaatan, daya tarik produk terhadap penggunaan E-Wallet pada Masyarakat kotapinang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tehnik purposive sampling dengan jumlah populasi 96 masyarakat Kotapinang yang ditentukan dengan menggunakan rumus lemeshow. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen dan teknik analisis data dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh literasi keuangan digital terhadap penggunaan E-Wallet pada masyarakat Kotapinang. Ada pengaruh kebermanfaatan terhadap penggunaan E-Wallet pada masyarakat Kotapinang. Ada pengaruh daya tarik produk terhadap penggunaan E-Wallet pada masyarakat Kotapinang. Ada pengaruh secara simultan literasi keuangan digital, kebermanfaatan dan daya tarik produk terhadap penggunaan E-Wallet pada masyarakat Kotapinang. Sedangkan hasil koefisien determinasi dapat dilihat bahwa nilai R2 sebesar 0,649 artinya literasi keuangan digital, variabel kebermanfaatan dan variabel daya tarik produk mampu mempengaruhi penggunaan E-Wallet sebesar 64,9% sedangkan sisanya 33,1% dijelaskan oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd. dan Ferri Alfadri, S.E.I.,M.E. |
Keywords: | Daya tarik produk; Kebermanfaatan; Literasi keuangan digital; Penggunaan E-Wallet. |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:32 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11962 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |