Nasution, Ahmad Putra Yudha (2024) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen menggunakan pembayaran digital di SG Coffe & Resto Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040100024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada masyarakat atau konsumen yang ada di SG Coffe & Resto Padangsidimpuan. Terjadinya fenomena pada masyarakat/konsumen yang masih minim menggunakan pembayaran digital, meskipun sudah ada layanan digital yang diberikan oleh pihak produsen. Kurangnya memahami cara penggunaan dari pembayaran digital tersebut dan masalah keamanan bertransaksi juga mendapat kritikan di kalangan masyarakat, pasalnya uang yang masuk ke dompet digital bisa dimanipulasi sehingga masyarakat tidak percaya atau ragu terhadap keamanan dari pembayaran digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemudahan, kualitas layanan, e-trust (kepercayaan elektronik), dan pengetahuan terhadap minat menggunakan pembayaran digital di SG Coffe & Resto Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode angket/kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah incidental sampling dengan jumlah sampel 96 sampel dengan pengolahan data menggunakan software SPSS versi 23. Teknik analisis data meliputi, Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Uji Multikoleniaritas, Uji Heteroskedastisitas, Uji R2, Uji T dan Uji F. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil uji t terdapat pengaruh variabel kemudahan terhadap minat konsumen menggunakan pembayaran digital di SG Coffe & Resto Padangsidimpuan, terdapat pengaruh variabel kualitas layanan terhadap minat konsumen menggunakan pembayaran digital di SG Coffe & Resto Padangsidimpuan, terdapat pengaruh variabel e-trust (kepercayaan elektronik) terhadap minat konsumen menggunakan pembayaran digital di SG Coffe & Resto Padangsidimpuan, terdapat pengaruh variabel pengetahuan terhadap minat konsumen menggunakan pembayaran digital di SG Coffe & Resto Padangsidimpuan. Secara simulatan terdapat pengaruh kemudahanan, kualitas layanan, e-trust (kepercayaan elektronik), dan pengetahuan terhadap minat konsumen menggunakan pembayaran digital di SG Coffe & Resto Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Replita, M.Si dan Ihdi Aini, M.E |
Keywords: | Kemudahan; Kualitas layanan; E-Trust; Pengetahuan; Minat |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:53 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 04:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11954 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |