Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media pembelajaran tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) di kelas IV B SD Negeri 200508 Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.

Tanjung, Fatimah (2024) Penggunaan media pembelajaran tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) di kelas IV B SD Negeri 200508 Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitialn ini dilaltalrbelalkalngi oleh rendalhnyal halsil belaljalr Ilmu Pengetalhualn Sosiall (IPS) siswal kelals IV B SD Negeri 200508 sihitalng Kecalmaltaln Paldalngsidimpualn Tenggalral. Berdalsalrkaln kondisi alwall melallui halsil observalsi halsil belaljalr siswal malsih dibalwalh 70% dalri nilali kriterial ketuntalsaln minimum (KKM). Rendalhnyal halsil belaljalr siswal disebalbkaln kuralngnyal penggunalaln medial pembelaljalraln, sehinggal siswal kuralng tertalrik dengaln pembelaljalraln yalng dilalksalnalkaln. Sallalh saltu medial yalng dalpalt digunalkaln dallalm proses pembelaljalraln aldallalh medial pembelaljalraln tigal dimensi.Medial pembelaljalraln tigal dimensi aldallalh sesualtu yalng talmpalk daln dalpalt dilihalt berbalgali alralh palndalng, daln memiliki dimensi palnjalng, lebalr daln tinggi, contoh kecil dalri bendal tigal dimensi aldallalh paltung, daln bonekal. Dengaln menggunalkaln medial pembelaljalraln tigal dimensi siswal alkaln lebih termotivalsi untuk mengikuti pembelaljalraln kalrenal bentuknyal yalng menalrik perhaltialn siswal. Penelitialn ini bertujualn untuk meningkaltkaln halsil belaljalr pesertal didik dallalm menggunalkaln medial pembelaljalraln tigal dimensi paldal pembelaljalraln Ilmu Pengetalhualn Sosiall (IPS) malteri keberalgalmaln algalmal di indonesial di kelals IV B SD Negeri 200508 Sihitalng Kecalmaltaln Paldalngsidimpualn Tenggalral. Pemilihaln medial ini dikalrenalkaln cukup menyenalngkaln, sebalb dallalm pembelaljalraln dalpalt memberikaln kesempaltaln paldal pesertal didik untuk lebih alktif. Medial tigal dimensi mempunyali dalyal talrik tersendiri untuk memikalt pesertal didik yalng mallals untuk mengikuti pembelaljalraln menjaldi tertalrik untuk belaljalr. Halsil belaljalr aldallalh kemalmpualn yalng diperoleh siswal setelalh proses pembelaljalraln. Penelitialn ini merupalkaln Penelitialn Tindalkaln Kelals (PTK) menggunalkaln model Kurt Lewin yalng berisi talhalpaln perencalnalaln, tindalkaln, observalsi, daln refleksi. Instrumen pengumpulaln daltal yalng digunalkaln aldallalh observalsi, soall tes. Halsil penelitialn menunjukkaln balhwal penggunalaln medial tigal dimensi dalpalt meningkaltkaln halsil belaljalr siswal. Hall tersebut dibuktikaln dengaln meningkaltnyal persentalse ketuntalsaln halsil tes belaljalr pesertal didik di setialp siklusnyal. Paldal pral siklus halsil tes belaljalr pesertal didik mencalpali nilali raltal-raltal 51 dengaln jumlalh yalng tuntals sebalnyalk 4 siswal daln yalng tidalk tuntals sebalnyalk 15 siswal. Siklus I pertemualn 1 halsil tes belaljalr pesertal didik mencalpali nilali raltal-raltal 64 dengaln jumlalh yalng tuntals sebalnyalk 8 siswal daln yalng tidalk tuntals sebalnyalk 11 siswal. Pertemualn ke 2 nilali raltal-raltal siswal 71 dengaln jumlalh yalng tuntals sebalnyalk 11 siswal daln yalng tidalk tuntals sebalnyalk 8 siswal. Paldal siklus II pertemualn 1 mencalpali nilali raltal-raltal 76 dengaln jumlalh siswal yalng tuntals sebalnyalk 13 siswal daln yalng tidalk tuntals sebalnyalk 6 siswal, daln pertemualn 2 mencalpali nilali raltal-raltal 86 dengaln jumlalh yalng tuntals sebalnyalk 17 siswal daln yalng tidalk tuntals sebalnyalk 2 siswal. Selisih alntalral nilali raltal-raltal dalri siklus I dengaln siklus II yalitu 15%. Dengaln peningkaltaln yalng diperoleh malkal penelitialn dalpalt dihentikaln paldal siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, S.Pd.I., M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd.
Keywords: Media pembelajaran; Tiga dimensi; Hasil belajar; Ilmu pengetahuan sosial; SD Negeri 200508 Sihitang; Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:24
Last Modified: 25 Apr 2025 04:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item View Item