Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan ular tangga pada anak usia 5-6 tahun di TK. Cahaya Bukkas Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Yanti Listina (2024) Upaya meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan ular tangga pada anak usia 5-6 tahun di TK. Cahaya Bukkas Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020600040.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Perkembangan kemampuan berhitung pada anak melalui permainan ular tangga di TK Cahaya Bukkas Kabupaten Tapanuli Selatan dapat terlihat masih rendah, Adapun Identifikasi masalah yang dapat diuraikan beberapa masalah yaitu: anak belum mampu membilang dan menyebutkan angka yang benar, anak belum mampu mencocokkan lambang bilangan dan benda dengan benar, anak belum bisa menempel lambang bilangan sesuai dengan gambar, anak belum mampu mencocokan dan menempel lambang bilangan satu dan lambang bilangan tiga, dan anak belum mampu membedakan angka 6 dan 9. Oleh karena itu kognitif pada anak usia dini sangat penting untuk dikembangkan, jika kegiatan kognitif pada anak monoton pada kemampuan kognitif anak akan lambat untuk berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan ular tangga di TK Cahaya Bukkas Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh pendidik yang sekaligus sebagai peneliti. Dalam penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui empat langkah utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berhitung melalui permainan ular tangga di TK Cahaya Bukkas Kabupaten Tapanuli Selatan sudah berkembang dengan baik, melalui kegiatan permain ular tangga. Peningkatanya dapat dilihat dari setiap siklusnya, pada ada Siklus I Pertemuan I sebesar 52,86%, Siklus I Pertemuan II sebesar 63,8%, Siklus II Pertemuan I sebesar 75,77%, Siklus II Pertemuan II sebesar 80,42%, dengan nilai rata-rata Siklus I sebesar 58,33%, Siklus II sebesar 81,63%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd. dan Sakinah Siregar, M.Pd
Keywords: Kognitif anak; Permainan ular tangga; Anak usia 5-6 tahun
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:53
Last Modified: 24 Apr 2025 02:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11918

Actions (login required)

View Item View Item