Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk tabungan Haji Arafah di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan

Harahap, Sepwina Yahdin (2018) Strategi pemasaran produk tabungan Haji Arafah di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah mengenai strategi pemasaran yang ada di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan dalam kurun waktu yang cukup panjang jumlah nasabah mengalami fluktuasi khususnya dalam produk tabungan Haji Arafah, sehingga kondisi tersebut memberikan efek yang kurang positif terhadap perusahaan. Oleh karena itu, perlu kajian secara mendalam tentang strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah strategi pemasaran produk Tabungan Haji Arafah di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui starategi pemasaran Produk Tabungan Haji arafah di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan. Teori yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah teori mengenai strategi, teori mengenai pemasaran, teori mengenai strategi pemasaran, proses pemasaran, teori bauran pemasaran (marketing mix), dan teori mengenai Tabungan Haji Arafah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan dengan menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan data sekunder yang berasal dari dokumen bank. Tekhnik pengolahan data dalam penelitian ini dalam bentuk deskriptif kualitatif, dengan tekhnik pengecekan dan keabsahan data dengan melakukan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, serta uji komfirmability. Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan menggunakan Strategi Pemasaran Bank Syariah yaitu: 1. Penetrasi pasar yaitu meningkatkan upaya periklanan produk, melakukan promosi penjualan, menambah staf penjualan. 2. Pengembangan pasar yang meliputi penambahan lokasi penjualan produk serta mudah didapat dengan jaringan bisnis yang banyak, handal, dan sebaran. Strategi yang dilakukan PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk cabang Padangsidimpuan cukup relevan dalam menarik minat nasabah, sehingga setiap tahunnya nasabah terus meningkat. Pelayanan yang digunakan juga secara totalitas dan prima langsung ke rumah nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi; pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 May 2020 03:02
Last Modified: 04 May 2020 03:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item View Item