Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran produk Ar-Rum (Ar-Rahn untuk usaha mikro kecil) pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak

Rizki, Muhammad (2018) Analisis strategi pemasaran produk Ar-Rum (Ar-Rahn untuk usaha mikro kecil) pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0156.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan. Untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat, menuntut setiap perusahaan meningkatkan strategi pemasaran kepada semua konsumen. Begitu juga dengan perusahaan jasa maupun produk semua berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas yang ada di tiap perusahaan agar semakin meningkat dan menjadi lebih baik lagi, sehingga dengan adanya strategi pemasaran produk-produk Pegadaian Cabang Alaman Bolak, diharapkan segala keinginan dan kebutuhan masyarakat maupun pelanggan dapat terpenuhi dengan baik dan terorganisir dengan baik pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk Ar-Rum. Agar semua kalangan masyarakat dapat mengetahui produk baru yang dimiliki oleh Pegadaian Syariah. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan studi pustaka, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Strategi pemasaran yang dipakai oleh Pegadaian Syariah untuk mengenalkan produknya adalah dengan metode Marketing Mix dan dengan menggunakan strategi 7p. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran dilakukan melalui 7P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion, People, Process, Physical Evidence. Produk, penentuan logo dan motto, menciptakan merk. Price, perusahaan sebisa mungkin menawarkan harga yang terendah sehingga lebih banyak menarik minat nasabah. Place, mendirikan kantor pusat, kantor cabang dan lain-lain yang memudahkan nasabah untuk memperoleh manfaat dan jasa perusahaan tersebut. Promotion, melalui media elektronik seperti tv, radio, majalah, brosur, dan penjualan pribadi. People, skill pemimpin ataupun karyawan yang sudah ahli bukan hanya dalam memasarkan produk tapi juga dalam melayani nasabah dengan sebaik-baiknya. Process, proses dalam pelayan juga sangat menentukan keberhasilan perusahaan untuk memikat nasabah, kecepatan, kemudahan, keamanan, dan kenyamanan dalam berinteraksi sangat diperlukan. Physical Evidence, bukti fisik dari ini sangatlah diperlukan baik itu fasilitas di pegadaian tersebut demi kenyamanan nasabah dalam melakukan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis strategi; pemasaran; produk
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 May 2020 02:48
Last Modified: 04 May 2020 02:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1186

Actions (login required)

View Item View Item