Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas produk terhadap minat nasabah menggunakan jasa PT. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sadabuan

Huzein, Muhammad Hilmi (2018) Pengaruh kualitas produk terhadap minat nasabah menggunakan jasa PT. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sadabuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0154.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah menurunnya jumlah nasabah Ar-ranh dalam kurun waktu tahun 2015 sampai tahun 2016. Jumlah nasabah semula sebanyak 7.492 orang menjadi 7.437 orang. Kemudian pertumbuhan jumlah nasabah produk MULIA dalam kurun waktu tahun 2015 sampai tahun 2016 sangat lamban yaitu hanya 1 orang. Demikian juga pertumbuhan produk Ar-rum dari tahun 2015 hingga tahun 2016 tidak mengalami perkembangan yang signifikan yaitu hanya sebanyak 6 orang. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas produk terhadap minat nasabah untuk menggunakan jasa PT. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sadabuan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas produk terhadap minat nasabah menggunakan jasa PT. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sadabuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengaruh kualitas produk terhadap minat nasabah dimana produk adalah sekelompok sifat-sifat yang berwujud (tangible) dan tidak berwujud (intangible) di dalamnya sudah tercakup warna, harga, kemasan, prestise dan pelayanan dan segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan, atau dikonsumsi dan yang dapat memuaskan kebutuhan atau keinginan. Sedangkan kualitas produk atau mutu adalah kemampuan suatu produk, baik itu barang maupun jasa/layanan untuk memenuhi keinginan pelanggannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data data yag digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 100 nasabah. Alat analisis yang digunakan adalah uji deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear sederhana, uji t (uji parsial), dan uji R square (r2). Dengan menggunakan program SPSS Versi 21. Diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan =16,977+0,517 dan rata R square sebesar 0,236 atau 23,6% variabel kualitas produk mampu menerangkan variabel minat nasabah sedangkan sisanya sebesar 76,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian uji hipotesis (uji t) terlihat thitung 5,495 dan ttabel 1,290 karena thitung > ttabel dan tingkat signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,1 maka Ha diterima. Artinya kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kualitas; nasabah; minat; PT. Pegadaian
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 May 2020 02:40
Last Modified: 04 May 2020 02:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item