Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi market share bank syariah di Indonesia

Tanjung, Riska Yanti (2024) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi market share bank syariah di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100135.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan penelitian ini adalah perkembangan perbankan syariah di Indonesia yang menjadi tolak ukur keberhasilan sistem ekonomi syariah. Namun, market share perbankan syariah Indonesia masih belum mencapai target yang diharapkan, meskipun potensi pangsa pasarnya sangat besar. Penelitian ini dilakukan pada Bank Umum Syariah di Indonesia, yang merupakan instansi penelitian dalam kajian ini. Berdasarkan hasil observasi, terdapat beberapa rasio keuangan yang dianggap berperan penting dalam menentukan market share bank syariah, yaitu Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Return On Asset (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Financing to Deposit Ratio (FDR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh masing-masing rasio keuangan tersebut terhadap market share bank syariah di Indonesia, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi berganda. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perbankan syariah di Indonesia selama periode 2019-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, BOPO tidak berpengaruh signifikan terhadap market share dengan nilai t_hitung = -0,859, yang lebih kecil dari t_tabel = 1,697. Sementara itu, ROA, CAR, dan FDR berpengaruh signifikan terhadap market share dengan nilai t_hitung masing-masing sebesar 2,69, 3,89, dan 1,88, yang semuanya lebih besar dari \( t_{tabel} = 1,697 \). Secara simultan, keempat variabel tersebut (BOPO, ROA, CAR, dan FDR) memiliki pengaruh signifikan terhadap market share perbankan syariah di Indonesia dengan nilai F_hitung = 4,37 yang lebih besar dari F_tabel = 2,64. Solusi yang diidentifikasi dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan market share bank syariah dapat dicapai dengan memperkuat kinerja ROA, CAR, dan FDR. Hal ini menunjukkan bahwa bank syariah perlu fokus pada upaya meningkatkan profitabilitas (ROA), memperkuat permodalan (CAR), dan meningkatkan efisiensi dalam penyaluran dana (FDR).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E.I., M.A dan Idris Saleh, S.E.I.,M.E
Keywords: Market Share; BOPO; ROA; CAR; FDR; Bank Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Mar 2025 03:35
Last Modified: 26 Mar 2025 04:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11785

Actions (login required)

View Item View Item