Harahap, Putri Irawan (2024) Pengaruh kualitas layanan mobile banking dan ATM terhadap tingkat kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1940100061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh mahasiswa yang merasa tidak puas dalam menggunakan layanan digital seperti ATM dan Mobile Banking, kendala yang mereka alami dalam menggunakan ATM yaitu masih sedikit mesin ATM yang ada di Padangsidimpuan, penarikan uang di mesin ATM yang terkadang kehabisan. Sedangkan layanan Mobile Banking yaitu transaksi bergantung dengan jaringan internet, apabila jaringan nasabah sedang terganggu maka nasabah tidak dapat melakukan transaksi, dan dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan membuat nasabah lebih boros. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan mobile banking terhadap tingkat kepuasan nasabah Syariah Indonesia pada Mahasiswa FEBI UIN SYAHADA Padangsidimpuan program studi perbankan syariah angkatan 2020, untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan ATM terhadap tingkat kepuasan nasabah Syariah Indonesia pada Mahasiswa FEBI UIN SYAHADA Padangsidimpuan program studi perbankan syariah angkatan 2020, untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan mobile banking dan ATM terhadap tingkat kepuasan nasabah Syariah Indonesia pada Mahasiswa FEBI UIN SYAHADA Padangsidimpuan program studi perbankan syariah angkatan 2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 64 responden. Teknik pengambilan sampel probabilitas (probability sampling) dengan metode penarikan sampel acak sederhana (simple random sampling). Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil angket atau kuesioner analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas,uji asumsi dasar (uji normalitas dan uji linieritas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas),uji hipotesis (uji R, uji t, uji F) uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) pada taraf signifikan 5% dalam penelitian ini diketahui bahwa kualitas layanan mobile banking mempunyai penggaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, kualitas layanan ATM mempunyai penggaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, kemudian uji F menunjukkan bahwa kualitas layanan mobile banking dan kualitas layanan ATM secara besama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Indah Permatasari Siregar, M.Si |
Keywords: | Mobile Banking; Automatic Teller Machine; Kepuasan Nasabah; BSI |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 03:14 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 03:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |