Hasibuan, Walidah Izzah Nabilah (2024) Determinasi keputusan pembelian impulsif produk Shopee pada mahasiswa FEBI UIN Syahada Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040200195.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Keputusan pembelian impulsif merupakan keadaan dimana konsumen membeli suatu produk tanpa merencanakan dan biasanya didasari pada hal-hal yang menarik seperti promosi, diskon dan harga. Namun, dalam identifikasi masalah pada penelitian ini ditemukan bahwa ternyata promosi masih kurang memperoleh feedback dari konsumen, begitu juga diskon yang belum sepenuhnya diberikan oleh pihak Shopee karena masih ada biaya lain yang dibebankan, serta harga yang masih menjadi pertimbangan konsumen dalam memutuskan untuk melanjutkan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, diskon dan harga terhadap keputusan pembelian impulsif. Teori yang digunakan adalah teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian impulsif, promosi, diskon dan harga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan mengambil data secara langsung (primer). Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan menyebarkan kuesioner dan setiap item pernyataan diukur dengan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif statistik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2). Penelitian ini menggunakan alat analisis SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian impulsif sedangkan diskon dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian impulsif serta secara simultan promosi, diskon dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian impulsif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Aliman Syahuri Zein, M.E.I dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si |
Keywords: | Pembelian impulsif; Promosi; Diskon; Harga; Shopee |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 09:15 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 01:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |