Gultom, Ledy Diana (2024) Pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas IV MIN 1 Tapanuli Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500266.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan awal yang dimana ditemukan bahwasanya hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tapanuli Utara pada pembelajaran IPS masih rendah. Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpotensi dapat mempengaruhi hasil belajar salah satunya yaitu model pembelajaran word square. Tujuan penelitian ini yaitu menguji pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini merupakan Pre-Eksperimental Designs jenis One Grup Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes tertulis, tes tertulis disini berupa soal pilhan berganda. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif dimana pada analisis ini peneliti mencari mean, median, modus, nilai maksimum, nilai minimum dan juga standar deviasi. Pada penelitian ini juga digunakan analisis data statistik inferensial, pada analisis ini peneliti melakukan uji-t untuk mencari pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini sebanyak 16 orang siswa kelas IV yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa nilai t_hitung sebesar 10,47 dengan frekuensi (dk) sebesar 16-1=15 pada taraf signifikan 0,05 diperoleh t_tabel= 2,132. Oleh karena itu t_hitung > t_tabel pada taraf signifikan 5%. Maka hipotesis nol (H_0) ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh dalam model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran word square berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tapanuli Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd dan Nashran Azizan, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran; Word square; Hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:32 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 07:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |