Panggabean, Silpia Putri (2024) Penerapan model picture and picture untuk meningkakan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn siswa Kelas III MIN 7 Tapanuli Tengah Kecamatan Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas III di MIN 7 Tapanuli Tengah Kecamatan Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah materi Lambang Garuda Pancasila, makna sila-sila Pancasila, disebabkan karena proses pembelajaran menoton sehingga membuat siswa merasa jenuh dan jarang terlihat aktif sehingga kurang bersemangat dalam melakukan pembelajaran, sehingga memerlukan adanya perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas salah satunya menerapkan model Picture and Picture dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas III MIN 7 Tapanuli Tengah kecamatan sarudik kabupaten tapanuli tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas III MIN 7 Tapanuli Tengah dengan menerapkan model Picture and Picture. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lwein, terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan. tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi, tes, dan wawancara dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PPKn materi lambang garuda pancasila, makna sila-sila pancasila mengalami peningkatan di setiap siklusnya dari pra siklus dengan kategori tuntas 6 siswa (20%), sedangkan tidak tuntas 24 siswa (80%) dengan nilai rata-rata 65. Siklus I pertemuan 1 kategori tuntas sebanyak 10 siswa (33%). Sedangkan tidak tuntas ada 20 siswa (67%) dengan nilai rata-rata 71. Pertemuan 2 kategori tuntas 16 siswa (53%), sedangkan kategori tidak tuntas 14 siswa (47%) dengan rata-rata 74,6, dapat dikatakan kondisi ini baik di awal permulaan, selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 kategori tuntas 23 siswa (77%), sedangkan kategori tidak tuntas 7 siswa (23%) dengan rata-rata 80,3, kemudian siklus II pertemuan 2 kategori tuntas 26 siswa (87%), sedangkan kategori tidak tuntas 4 siswa (13%) dengan rata-rata 82.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Hamidah, M.Pd dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar PPKn; Model picture and picture; Siswa sekolah dasar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 07:46 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 07:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |