Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh halal awarness, quality dan price terhadap impulse buying makanan instan di kalangan mahasiswa

Hasibuan, Fauziah Andriany (2024) Pengaruh halal awarness, quality dan price terhadap impulse buying makanan instan di kalangan mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200109.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Impulse buying adalah keputusan pembelian secara tiba-tiba, terburu-buru dan tanpa perencanaan karena ada dorongan keinginan dari konsumen yang tidak dapat dihindari disebabkan oleh ketertarikan konsumen terhadap produk yang ditawarkan maupun tergoda oleh pemasar. Perilaku impulse buying dapat dialami oleh setiap orang termasuk mahasiswa untuk berbelanja impulse buying pada produk makanan instan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal (halal awarness), quality dan price terhadap pembelian impulse buying makanan instan di kalangan mahasiswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 99 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel halal awarness berpengaruh dan signifikan terhadap impulse buying makanan instan, variabel quality tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap impulse buying makanan instan, variabel price berpengaruh dan signifikan terhadap impulse buying. Adapun secara simultan halal awarness, quality dan price berpengaruh secara simultan terhadap impulse buying Adapun secara diterminasi halal awarness, quality dan price mempengaruhi variabel impulse buying 28,4% dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran halal (halal awarness), dan price merupakan faktor penting yang mempengaruhi impulse buying makanan instan di kalangan mahasiswa. Dan quality tidak mempengaruhi impulse buying makanan instan di kalangan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aliman Syahuri Zein, M.E.I dan Nur Mutiah, M.Si
Keywords: Halal Awarness; Impulse buying; Price; Quality
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Mar 2025 03:03
Last Modified: 17 Mar 2025 03:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11670

Actions (login required)

View Item View Item