Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh reputasi dan pengetahuan terhadap keputusan masyarakat dalam menabung di bank syariah

Siregar, Marahalim (2025) Pengaruh reputasi dan pengetahuan terhadap keputusan masyarakat dalam menabung di bank syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100312.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Keputusan adalah seleksi bagi seseorang dalam mengambil keputusan. Keputusan atau disebut juga sebagai perilaku yang berhubungan dengan sikap perilaku, norma subyektif, kontrol perilaku berperan penting terhadap keputusan atau perilaku seseorang untuk menggunakan perbankan. Reputasi perusahaan merupakan sikap terhadap penyedia layanan yang kemudian didirikan dan dikembangkan dalam pikiran konsumen melalui komunikasi dan pengalaman. Ketika konsumen puas dengan layanan yang diberikan, sikap mereka terhadap perusahaan pun meningkat. Pengetahuan adalah hasil penginderaan manusia, atau hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indera yang dimilikinya (telinga, hidung, mata, dan lain-lain). Pada waktu penginderaan sampai menghasilkan pengetahuan tersebut sangat dipengaruhi intensitas perhatian dan persepsi terhadap objek. Sebagian besar pengetahuan seseorang diperoleh melalui indera pendengaran, dan indera penglihatan. Berdasarkan hasil analisis serta olahan data tentang pengaruh reputasi dan pengetahuan terhadap keputusan masyarakat dala menabung pada Bank Syariah studi kasus Kelurahan Pasar Sipirok dengan metode analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:1) Terdapat pengaruh reputasi terhadap keputusan masyarakat dalam menabung pada Bank Syariah di Kelurahan Pasar Sipirok, hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat nilai ttabel sebesar. Sehingga thitung>ttabel maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. 2) Terdapat pengaruh pengetahuan terhadap keputusan masyarakat dalam menabung pada Bank Syariah di Kelurahan Pasar Sipirok, hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat nilai thitung sebesar nilai ttabel Sehingga - thitung< -ttabel Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. 3) Terdapat pengaruh reputasi dan pengetahuan terhadap keputusan masyarakat dalam menabung pada Bank Syariah di Kelurahan Pasar Sipirok, hal ini dapat dibuktikan dengan melihat Fhitung sedangkan nilai Ftabel sebesar 2,36 sehingga Fhitung>Frabel maka Ha3 diterima Ho3 ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Ja’far Nasution, Lc., M.A
Keywords: Pengaruh Reputasi; Pengetahuan; Keputusan Masyarakat; Menabung
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Mar 2025 07:52
Last Modified: 12 Mar 2025 02:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11659

Actions (login required)

View Item View Item