Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model concept sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas iii pada pembelajaran tematik di SDN 200212 Padangsidimpuan

Hasibuan, Vivit Larasmi (2024) Penerapan model concept sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas iii pada pembelajaran tematik di SDN 200212 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis siswa yang rendah pada pembelajaran tematik siswa kelas III SDN 200212 Padangsidimpuan. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tematik masih berfokus dengan teacher center sehingga membuat siswa pasif pada saat pembelajaran. Sehingga perlu digunakan model pembelajaran yaitu model pembelajaran Concept Sentence. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa terhadap penerapan model Concept Sentence di kelas III SDN 200212 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus yang berulang. Subjek penelitian ini siswa kelas III SDN 200212 Padangsidimpuan berjumlah 18 siswa dan objeknya adalah pembelajaran Tematik. Metode pengumpulan data yang dilakukan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I pertemuan I nilai rata- rata siswa yaitu 52,77 dengan presentase ketuntasan 27%, kemudian pada siklus I pertemuan II nilai rata- rata siswa yaitu 62,77 dengan presentase ketuntasan 38%. Kemudian pada siklus II pertemuan I nilai rata- rata siswa yaitu 68,88 dengan presentase ketuntasan 50%, sedangkan siklus II pertemuan II nilai rata- rata siswa yaitu 79,44 dengan presentase ketuntasan 88%. Pada siklus I pertemuan I siswa yang terampil 5 dan siswa yang tidak terampil 13, pada siklus I pertemuan II siswa yang terampil 7 dan siswa yang tidak terampil 11. Pada siklus II pertemuan I siswa yang terampil 9 dan siswa yang tidak terampil 9, pada siklus II pertemuan II siswa yang terampil 16 dan siswa yang tidak terampil 2. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Concept Sentence ini dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa di kelas III SDN 200212 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd dan Dr. Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Tematik; Keterampilan menulis; Model concept sentence
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190402 Creative Writing (incl. Playwriting)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Feb 2025 08:35
Last Modified: 28 Feb 2025 09:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11648

Actions (login required)

View Item View Item