Chintya, Indah (2024) Determinan minat masyarakat Kelurahan Sihitang menggunakan layanan cardless withdrawal di Bank Syariah Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040100016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Minat merupakan suatu rasa ketertarikan seseorang yang timbul ketika mendapat suatu rangsangan dari produk yang diketahuinya, kemudian mencobanya yang akhirnya muncul keinginan untuk menggunakan atau membeli agar dapat memiliki produk tersebut. Minat memiliki kaitan erat dengan dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang yang selanjutnya menimbulkan keinginan untuk ikut andil dan terlibat pada sesuatu yang diminatinya. Bank syariah telah mengembangkan layanan digital dengan pemanfaatan digitalisasi perbankan yaitu fitur tarik tunai tanpa kartu menjadi inovasi yang dikembangkan dari mobile banking tetapi masih banyak yang belum menggunakan layanan tersebut dikarenakan penggunaan M-Banking saja sudah bermanfaat banyak hal mulai dari isi pulsa, isi token listrik, pembayaran online dan lainnya sehingga masyarakat kurang minat terhadap salah satu layanan dari M-Banking yaitu Cardless withdrawal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kebermanfaatan, keamanan dan pengetahuan terhadap minat masyarakat Kelurahan Sihitang menggunakan layanan Cardless Withdrawal di Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kebermanfaatan, keamanan dan pengetahuan terhadap minat masyarakat Kelurahan Sihitang menggunakan layanan Cardless Withdrawal di Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tehnik puposive sampling dengan jumlah responden 87 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Tehnik Analisis Data yang digunakan yaitu aplikasi SPSS versi 24. Hasil uji t menunjukan bahwa secara parsial (uji t) terdapat pengaruh variabel persepsi kebermanfaatan dan pengetahuan terhadap minat menggunakan layanan cardless withdrawal di Bank Syariah Indonesia. Tidak terdapat pengaruh variabel persepsi kemudahan dan keamanan terhadap minat menggunakan layanan cardless withdrawal di Bank Syariah Indonesia. Dan secara simultan variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap minat menggunakan layanan cardless withdrawal di Bank Syariah Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Dr. Utari Evy Cahyani, M.M |
Keywords: | Persepsi kemudahan; Persepsi kebermanfaatan; Keamanan; Pengetahuan dan minat |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 08:16 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 08:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |