Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Hutapadang Padangsidimpuan

Dalimunthe, Hidayatul Laila (2024) Peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Hutapadang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100236.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa sehingga didalam pendidikan peran guru sangat penting dalam peningkatan akhlakul karimah siswa da nada faktor pendukung dan penghambantnya. Oleh karena itu sangat penting untuk diteliti bagaimana peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa dan apa faktor pendukung dan penghambatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di pondok pesantren darul istiqomah hutapadang padangsidimpuan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode kualitatif dekskriptif. Dimana pendekatan ini mementingkan penguraian fenomena yang teramati di lapangan yang berlangsung secara alami, dimana peneliti merupakan instrument utama. Adapun data yang dikumpulkan adalah melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dari hasil penelitian ini adalah guru tidak terlepas dari perannya yaitu menerapkan kedisiplinan, membiasakan siswa untuk melakukan hal-hal yang baik, memberikan motivasi dan juga menerapkan contoh-contoh yang baik kepada siswa. Sedangkan faktor pendukung dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa (1) Sekolah yang berada dilingkungan pesantren, (2) Sistem boarding school, (3)Peraturan sekolah yang baik dan tegas (4)Adanya persiapan materi pembelajaran dan (5)Adanya kerjasama Antara orang tua dengan sekolah. Dan faktor penghambatnya adalah (1) Jam mata pelajaran akidah akhlak yang terlalu singkat (2) Kurangnya kesadaran pada diri peserta didik dan (3) Lingkungan diluar sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Peran guru; Akidah Akhlak; Akhlakul Karimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:46
Last Modified: 04 Feb 2025 03:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11559

Actions (login required)

View Item View Item