Harahap, Musbar (2024) Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kebosanan siswa pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Kompetensi guru adalah seperangkat penguasaan kemampuan yang harus ada dalam diri agar dapat mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efektif. Begitupun dengan guru. Seorang guru ketika sedang mengajar memerlukan kompetensi mengajar agar peserta didik memiliki minat dalam belajar. Dalam dunia pendidikan kompetensi guru sangat dibutuhkan karena dengan adanya kompetensi guru peserta didik akan lebih tertarik dan semangat dalam proses pembelajaran. Di sekolah seorang guru dituntut untuk memiliki kompetensi agar peserta didik lebih tertarik untuk belajar. Jika peserta didik mengerti dan memahami materi yang telah disampaikan. Serta membantu peserta didik untuk menghilangkan rasa kebosanan yang ada dalam diri peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode kualitatif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik. Penelitian ini membahas tentang kompetensi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kebosanan belajar siswa pada proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru pendidikan agama islam dalalm mengatasi kebosanan belajar siswa pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi guru sangat diperlukan dalam mengatasi kebosanan belajar siswa pada proses pemebelajaran pendidikan agama islam. Untuk itu seorang guru harus lebih meningkatkan kompetensi guru dalam hal mengajar agar peserta didik tidak bosan dalam belajar. Jadi kompetensi pedagogik adalah kompetensi atau kemampuan seseorang guru dalam mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap landasan pendidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum atau silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran dan evaluasi hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Abdusima Nasution, M.A dan Nursri Hayati. M.A |
Keywords: | Kompetensi guru; Kebosanan belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 07:26 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 02:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11463 |
Actions (login required)
View Item |