Matondang, Nur Ashifah Kulbi (2024) Persepsi siswa tentang kompetensi guru bidang studi sejarah kebudayaan Islam dalam pelaksanaan pembelajaran di MTs Negeri Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian persepsi siswa MTs Negeri Sibolga yang senang dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam meskipun guru menggunakan metode konvensional atau ceramah dengan media buku ajar dari sekolah. Seperti yang diketahui bahwa sejarah kebudayaan Islam bukanlah mata pelajaran yang dapat diajarkan atau dipelajari seperti sains atau bahasa asing. Terdapat permasalahan mendasar dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di madrasah, dan sebagian siswa merasa bosan dalam menghafal nama tokoh, nama tempat, dan rangkaian peristiwa sejarah. Seorang guru dapat dikatakan profesional apabila menguasai dan menerapkan segala aspek kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi guru bidang studi sejarah kebudayaan Islam dalam pelaksanaan pembelajaran di MTs negeri sibolga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deksriptif, sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dengan skala likert dan dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan mean (rata-rata) dan tabulasi data. Hasil penelitian menunjukkan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Bidang Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pelaksanaan Pembelajaran di MTs Negeri Sibolga memiliki kategori “sangat baik” dengan jumlah mean (rata-rata) persentase sebesar 82%. Keseluruhan hasil tersebut didapat dari akumulasi hasil data angket kompetensi guru dari setiap sub indikator. Selanjutnya, dari setiap sub indikator didapatkan hasil olah data dengan kompetensi pedagogik didapatkan hasil olah data dengan persentase tertinggi 94% kategori “sangat baik” dan persentase terendah 55% kategori “baik”. Kompetensi profesional persentase tertinggi 100% kategori “sangat baik” persentase terendah 58% “baik”. Kompetensi kepribadian persentase tertinggi 100% “sangat baik” terendah 63% “baik”. Kompetensi sosial persentase tertinggi 100% “sangat baik” terendah 67% kategori “baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Fauziah Nasution, M.Ag. dan Latifa Annum Dalimunthe, S.Ag., M.Pd.I |
Keywords: | Persepsi Siswa; Kompetensi Guru; Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 03:24 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 08:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11452 |
Actions (login required)
View Item |