Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru memotivasi siswa kelas vi menghafal Juz ‘Amma di MIN 2 Padangsidimpuan

Rodiah, Rodiah (2024) Strategi guru memotivasi siswa kelas vi menghafal Juz ‘Amma di MIN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi masalah kemampuan menghafal Juz ‘Amma siswa kelas VI di MIN 2 Padangsidimpuan. Dengan menciptakan motivasi dan inovasi yang menyenangkan sekaligus mempermudah dalam menghafal Juz ‘Amma. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi guru memotivasi siswa kelas VI menghafal juz ‘amma di MIN 2 Padangsidimpuan, dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pada siswa kelas VI menghafal juz ‘amma di MIN 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini: Strategi Motivasi dari guru ini berupa penguatan atau nasehat kepada siswanya agar hafalannya ditingkatkan, menggunakan metode percontohan kemudian siswa mendengarkan suatu bacaan untuk dihafalkan. Pada program hafalan juz ‘amma ini guru menggunakan strategi penyetoran. Yaitu dengan cara siswa dipanggil kedepan satu persatu bergiliran untuk menyetorkan hafalan Juz ‘Amma kepada guru setiap hari jam 07:00 pagi. Faktor pendukung siswa di MIN 2 Padangsidimpuan yaitu: dilihat dari segi usia siswa kelas 6 yang berumur 12 tahun, manajemen waktu, tempat menghafal. Dan faktor penghambat siswa di MIN 2 Padangsidimpuan yaitu: latar belakang siswa yang berbeda-beda, belum adanya kesadaran penuh untuk menghafal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Ira Aniati, M.Pd.I
Keywords: Strategi Guru; Memotivasi Siswa; Menghafal Juz ‘Amma
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Dec 2024 15:12
Last Modified: 05 Dec 2024 02:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11428

Actions (login required)

View Item View Item