Harahap, Siti Amelia Sari (2024) Analisis soft skill penjual pakaian pada persaingan bisnis di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200209.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Persaingan bisnis yang terjadi di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan yaitu banyaknya pelaku usaha yang menjual produk serupa di lokasi yang serupa juga dengan harga, kualitas produk, dan merek yang berbeda. Sehingga persaingan yang terjadi terus meningkat. Seperti pelaku usaha yang menjual produk pakaian, sesama penjual pakaian akan terus bersaing dan mempertahankan bisnis, merebut pangsa pasar, dan menarik konsumen. Maka terdapat soft skill yang dimiliki dan diterapkan oleh penjual pakaian dalam menghadapi persaingan bisnis/usaha di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman penjual pakaian mengenai soft skill di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan dan untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman penjual pakaian mengenai penerapan soft skill dalam menghadapi persaingan bisnis di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini dengan metode penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan sesuai dengan permasalahan yang ada, sumber data primer langsung dari subjek penelitian yaitu beberapa penjual pakaian yang sudah berjualan lebih dari lima tahun, teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, pengecekan keabsahan data penelitian ini dengan triangulasi metode dan teori, serta data yang diperoleh dianalisis menggunakan aplikasi NVivo 12 untuk menghasilkan visualisasi soft skill dalam bentuk project map. Hasil penelitian ini mendeskripsikan gambaran soft skill yang ada di dalam diri subjek penelitian sebagai penjual pakaian dan terus dikembangkan dalam menghadapi persaingan bisnis di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan yaitu manajemen waktu dan berpikir kreatif dari jenis kemampuan intrapersonal. Kemudian, kemampuan memotivasi, kemampuan komunikasi, dan kemampuan membangun relasi dari jenis kemampuan interpersonal. Kemudian, soft skill yang lebih diterapkan dan terus dikembangkan dalam menghadapi persaingan bisnis di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan yaitu manajemen perubahan dan berpikir kreatif dari jenis kemampuan intrapersonal. Kemampuan memotivasi, kemampuan komunikasi, dan kemampuan membangun relasi dari jenis kemampuan interpersonal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Rukiah, S.E., M.Si. dan Ferri Alfadri, S.E.I., M.E. |
Keywords: | Analisis; Soft Skill; Pelaku Usaha; Persaingan Bisnis |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 14:04 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 08:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11309 |
Actions (login required)
View Item |