Lubis, Hayatul Marhamah (2024) Pengaruh consumption value dan brand image terhadap minat nasabah menggunakan aplikasi mobile banking. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940100222.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Dalam kalangan mahasiswa mobile banking sangatlah bermanfaat terutama mahasiswa yang hidup diera globalisasi seperti sekarang ini yang menuntut mahasiswa melakukan aktivitasnya dengan cepat dan efisien. Minat nasabah pada dasarnya merupakan faktor pendorong dalam proses pengambilan keputusan mengenai suatu produk perbankan. Mobile Banking dapat memudahkan pembayaran mahasiswa sehingga tidak usah mengantri lama-lama. Brand Image mempunyai peran sangat penting untuk memberi pengaruh pada nasabah sebab dijadikan acuan bagi nasabah sebelum memutuskan untuk menggunakan produk dan layanan yang diberikan bank. Jika Brand (citra) yang diciptakan dalam masyarakat secara baik, bisa memikat nasabahnya supaya percaya pada Brander tersebut. Sheth, Newman, and Gross mendeskripsikan Theory of Consumption Value ke dalam lima nilai yang mempengaruhi pilihan konsumen, antara lain Functional Value, Social Value, Emotional Value, Epistemic Value, dan Conditional Value. Konsumen memilih produk dan brand berdasarkan dari lima Teori Nilai Konsumsi ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Consumption Value Dan Brand Image terhadap Minat Nasabah menggunakan mobile banking secara parsial dan simultan. Yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Consumption Value Dan Brand Image terhadap Minat Nasabah menggunakan mobile banking.Teori yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah teori tentang Consumption Value dan Brand Image. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel 80. sumber data primer, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan angket. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23. Hasil analisis data secara parsial Consumption Value mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Nasabah dengan nilai thitung > ttabel dan nilai sig.< 0,05. Brand Image mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Nasabah dengan nilai thitung > ttabel dan nilai sig.< 0,05. Kemudian hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa Consumption Value dan Brand Image mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Nasabah dengan nilai Fhitung > Ftabel dan nilai sig. < 0,05. Sedangkan hasil koefisien determinasi dapat dilihat bahwa nilai R2 sebesar 0,086 artinya Consumption Value dan Brand Image mampu mempengaruhi Minat Nasabah sebesar 8,6% sedangkan sisanya 91,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini yang dilakukan oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M dan Indah Permatasari Siregar, M.Si |
Keywords: | Consumption Value; Brand Image dan Mobile Banking |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 03:01 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 08:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11268 |
Actions (login required)
View Item |