Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis komparatif pendapatan pedagang pasar tradisional sebelum dan sesudah adanya pasar online (studi pada Pasar Raya Sangkumpal Bonang di Padangsidimpuan)

Herawati, Hapipa Indah (2024) Analisis komparatif pendapatan pedagang pasar tradisional sebelum dan sesudah adanya pasar online (studi pada Pasar Raya Sangkumpal Bonang di Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Adanya pasar online, pola pembelian konsumen telah berubah scara siginifikan.Pasar online menghadirkan persaingan yang lebih intensif bagi pasar tradisional.banyak konsumen sekarang memilih untuk berbelanja secara online karena kenyamanan, kemudahan yang ditawarkan dan pilihan yang lebih luas. Hal ini juga dapat menyebabkan penurunan kunjungan langsung ke pasar tradisional, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi pendapatan para pedagang tradisional.para pedagang di pasar tradisional Sangkumpal Bonang kalah unggul karena belanja yang lebih efesien pada pasar online yang mengakibatkan sepinya pembeli dan tentunya menyebabkan penurunan pendapatan pedagang tradisional di Sangkumpal Bonang. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu ekonomi sehubugan dengan itu teori yang mengatakan bahwa kemunculan pasar oline berpengaruh terhadap pendapatan para pedagang pasar tradisional. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu ekonomisehubungan dengan pendapatan nasional dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang. Dimana bertujuan untuk mengetahui perbandingan pendapatan pedagang pasar tradisional sebelum dan sesudah adanya pasar online di Pasar Raya Sangkkumpal Bonang Padang Sidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Instrument pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah sampel 120 Pedagang di pasar tradisional Sangkumpal Bonang. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, analisis uji T, Uji Homogenitas dan Analisis Komparatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: pengetahuan pedagang pasar tradisional tentag pasar ataupun bisnis online cukup baik. tingkat anggaran dan pendapatan pedagang pasar tradisional memiliki perbedaan antara sebelum dan sesudah adanya pasar. Dan terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pendapatan pedagang pasar tradisional sebelum dan sesudah adanya pasar online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si
Keywords: Pasar; Pasar tradisional; Pasar online; Pendapatan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Nov 2024 08:04
Last Modified: 11 Nov 2024 08:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item