Rangkuti, Sanna (2024) Analisis penerapan standar operasional prosedur pada customer service pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidempuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940100087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Standar operasional prosedur adalah suatu perangkat yang mengatur tahapan suatu proses kerja atau proses kerja tertentu, prosedur kerja tersebut dilakukan berdasarkan dokumen tertulis yang di maksud dengan standar operasional prosedur (SOP), Tujuan SOP ini , untuk menjelaskan perincian atau standar yang tetap mengenai aktivitas pekerjaan yang berulang-ulang yang di selenggarakan dalam suatu organisasi atau perusahaan, Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya persaingan antar lembaga keuangan, khususnya antar bank pada saat ini, maka PT. Bank Sumut Cabang Syariah padangsidimpuan menggunakan strategi pelayanan pada nasabah agar dapat menjadikan para nasabah, berminat menggunakan jasa lembaga keuanga PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan hal ini di terapkan oleh customer service agar dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap semua nasabah, pelayanan di bagi menjadi dua yaitu pada nasabah baru dan existing. Fokus penelitian ini pada tiga hal yaitu, 1). Bagaimana standar operasional prosedur (SOP) Pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan?, 2) Bagaimana penerapan standar operasional prosedur (SOP) Pada Customer Service PT. Bank Sumut Syariah Padangsidimpuan?, 3). Apa hasil dari penerapan standar operasional prosedur (SOP) pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang di gunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidempuan, pelayana yang di berikan PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidempuan kurang lebih sama dengan standar pelayanan pada umumnya pemenuhan, jaminan, kehandalan, empaty ketanggapan, pelayanan prima yang di gunakan oleh PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidempuan yaitu menggunakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan SOP yang telah di terbitkan perusahaan yang mana selaalu di upgrate agar SOP yang di gunakan selalu relevan yang mana SOP ini menekankan pelayanan prima pada dua hal yaitu penampilaan dan sikap
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A. dan Sry Lestari, M.E.I |
Keywords: | Pelayanan perbankan; Standar Operasional Prosedur; Customer Service |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 07:54 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 08:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11247 |
Actions (login required)
View Item |