Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh literasi keuangan dan word of mouth marketing terhadap minat masyarakat Kelurahan Ujung Padang menggunakan jasa perbankan syariah

Lubis, Anggi Fitria (2024) Pengaruh literasi keuangan dan word of mouth marketing terhadap minat masyarakat Kelurahan Ujung Padang menggunakan jasa perbankan syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Minat merupakan dorongan dari dalam diri seseorang atau faktor yang menimbulkan ketertarikan atau perhatian secara efektif, yang menyebabkan dipilihnya suatu obyek atau kegiatan yang menguntungkan, menyenangkan dan lama kelamaan akan mendatangkan kepuasan dalam dirinya. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti kepada Masyarakat Kelurahan Ujung Padang, Minimnya pemahaman, kesadaran menabung dan pengaturan keuangan yang sangat buruk dengan tingkat konsumsi tinggi masyarakat Kelurahan Ujung Padang menjadi salah satu faktor minimnya minat masyarakat menggunakan jasa perbankan syariah. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Literasi Keuangan dan Word Of Mouth Marketing terhadap minat masyarakat Kelurahan Ujung Padang menggunakan jasa perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan dan Word Of Mouth Marketing terhadap minat masyarakat Kelurahan Ujung Padang menggunakan jasa perbankan syariah. Teori – teori yang mendukung penelitian ini terdiri dari Literasi Keuangan dan Word Of Mouth Marketing serta ruang lingkup dan indikator variabel independen dalam penelitian ini.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tehnik Purposilvel samplilng dengan jumlah populasi 70 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda uji t dan uji F. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh Literasi Keuangan terhadap minat Masyarakat Kelurahan Ujung Padang menggunakan jasa perbankan syariah dan terdapat pengaruh Word Of Mouth Marketing secara parsial terhadap minat Masyarakat Kelurahan Ujung Padang menggunakan jasa perbankan syariah. Sementara secara simultan terdapat pengaruh Literasi Keuangan dan Word Of Mouth Marketing terhadap minat Masyarakat Kelurahan Ujung Padang menggunakan jasa perbankan syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan Rini Hayati Lubis, M.P
Keywords: Literasi Keuangan; Word Of Mouth Marketing; Minat dan jasa Perbankan Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Nov 2024 04:13
Last Modified: 08 Nov 2024 08:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11242

Actions (login required)

View Item View Item