Adillah, Nur (2024) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Kelas IV SD Negeri 200505 Manegen Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru disekolah masih berpusat pada guru, dimana guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan yang dimana hal ini mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran. Untuk itu diperlukan metode yang dapat membuat siswa aktif dalam proses belajar mengajar salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi bentang alam di kelas IV SD Negeri 200505 Manegen Padangsidimpuan Tenggara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), peneltian yang bersifat reklektif dengan melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar. Intrumen pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan data subjektif, data numerik dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada nilai rata-rata siswa pra-siklus adalah 52,5 dengan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 20%. Kemudian pada siklus 1 pertemuan pertama hanya terjadi sedikit peningkatan di nilai rata-rata kelas menjadi 54 dengan persentase ketuntasan yang meningkat juga menjadi 30%. Selanjutnya pada pertemuan 2 siklus 1 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 59,75 dengan persentase ketuntasan 45%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata siswa menjadi 67,5 dengan persentase ketuntasan 60%. Dan pada siklus II pertemuan 2 juga hasil belajar siswa terdapat peningkatan dimana nilai rata-rata siswa adalah 77,5 dengan persentase ketuntasan 75%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II meningkat maka penelitian dengan menggunakan mobel pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Anhar, M.A dan Rahmadani Tanjung, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Student Teams Achievement Division; Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 04:44 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11227 |
Actions (login required)
View Item |