Sirait, Lili Sofyana (2024) Penerapan model pembelajaran time token untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn di SD Negeri 101503 Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500113.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang masasalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pelajaran PPKn. Penyebab pemebalajaran yang masih menggunakan metode yang sama sehingga memebuat peserta didik jenuh dan bosen. Mengatasi permasalahan ini penelitian mengambil solusi dengan penerapan model pembelajaran Time Token yang akan berdapak peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.Time Token yaitu model pemebelajaran yang memberikan waktu untuk peserta didik berbicara dengan menggunakan kupon bicara,dengan waktu 30 detik untuk bicara dan mengeluarkan pendapatnya dengan menggunakan kupon bicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn ( Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran ) dengan menggunakan model pembelajaran Time Token di kelas IV SD Negeri 101503 Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan .Penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas ( PTK) dengan melakukan 2 siklus, terdapat 2 kali pertemuan. Tiap siklus terbagi atas Perencanaan ,Tindakan, Observasi dan Refleki. Penelitian ini di tunjukan untuk kelas IV SD Negeri 101503 Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan yang terdiri dari 23 peserta didik.Berdasarkan hasil penelitian Tindakan Kelas dengan meningkatkan penengetahuan peserta didik melalui model pembelajaran Time Token kelas IV SD Negeri 101503 Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan . Kegiatan pembelajaran mencapai 30,4% dengan nilai rata – rata 62,3, Siklus I mencapai 52,1% dengan nilai rata – rata 68,6. Pada siklus II Peserta Didik mencapai 82,6 % dengan nilai rata – rata 77. Hal ini menunjukan peningkatan yang sangat signitifikan tingkat keberhasilan sudah mencapai 91,3 % dari bebrapa usaha yang dilakukan guru ternyata peserta didik ada peningkatan meskipun tidak signitifikan akan tetapi sudah meemnuhi standat KKM yaitu 75
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida, S.Psi., M.A dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Hasil Belajar IPA; Model Pembelajaran Snowball Throwing |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:07 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 09:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11185 |
Actions (login required)
View Item |