Lubis, Ahmad Irfan (2024) Upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) dengan menggunakan model active learning tipe role pada Kelas IV SDN 200503 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) Peserta didik SDN 200503 Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Dalam hal ini peneliti menerapkan model active learning tiperole untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn). Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) dengan menggunakan Model Active Learning Tipe Role pada kelas IV SDN 200503 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan Model Active Learning Tipe Role dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) di kelas IV SDN 200503 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkerjasama dengan wali kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 200503 Padangsidimpuan yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah butir soal yaitu pilihan berganda dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Active Learning Tipe Role bisa meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) pada kelas IV SDN 200503 Padangsidimpuan. Pada kondisi awal nilai rata-rata persentase ketuntasan peserta didik keseluruhan adalah (100%) tidak terdapat peserta didik yang tuntas. Kemudian pada siklus I pertemuan Ipersentase ketuntasan peserta didik sebesar 12,5% (3 dari 21 peserta didik) dengan niai rata-rata 56. Pada siklus I pertemuan II persentase ketuntasan peserta didik sebesar 29,16% (7 dari 24 peserta didik) dengan niai rata-rata 68. Sedangkan pada siklus II pertemuan I persentase ketuntasan peserta didik sebesar 70,8% (17dari 24 peserta didik) dengan niai rata-rata 76, dan pada siklus II pertemuan II persentase ketuntasan peserta didik sebesar 91,7% (22dari 24 peserta didik) dengan niai rata-rata 89. Dari data siklus II yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan yaitu 91,7%, maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Hamidah, M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd |
Keywords: | Model Active learning tipe role; Hasil Belajar; Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 04:29 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 09:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11169 |
Actions (login required)
View Item |