Agustina, Tiya (2024) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Azhar Sidomakmur Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa sesuai dengan observasi peneliti bahwa minat membaca siswa masih rendah sehingga menyebabkan siswa kelas II memiliki kesulitan dalam membaca hal ini disebabkan karena fasilitas dan motivasi guru masih kurang kepada siswa. Fasilitas seperti buku dan perpustakaan belum memadai membuat siswa malas untuk membaca tambah lagi waktu yang diberikan untuk siswa membaca sangat singkat. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-azhar Sidomakmur Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif deskritif. Sabjek penelitian yaitu siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik kejaminan keabsahan data yaitu perpanjang waktu penelitian, tragulasi, teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan analisis deskritif dengan menggambarkan suatu kejadian atau pristiwa yang ditemukan dalam penelitian. Hasil penelitian tentang upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II di madrasah ibtidaiyah swasta (MIS) Al-Azhar Sidomakmur Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu sudah cukup baik, upaya yang dilakukan terhadap siswa yang tidak mempunyai motivasi untuk belajar dengan memberikan metode pembelajaran yang menarik salah satu metode yang diterapkan yaitu kartu kata bergambar bertujuan untuk menumbuhkan minat membaca siswa. Guru memberikan jam tambahan kepada siswa yang berkesulitan dalam mebaca dengan memberikan les baca saat istirahat sedag berlangsung dan setelah mata pelajaran setiap hari. Guru juga menyediakan kelengkapan buku baca bagi siswa, terutama buku bergambar dan bertulisan huruf-huruf yang besar seperti yang diharapkan siswa, dengan adanya buku bacaan yang sudah disediakan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Hj. Asfiati, S.Pd., M.Pd dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Guru; Kesulitan Membaca |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 03:51 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 08:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11164 |
Actions (login required)
View Item |