Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa di Kelas IV SD Negeri 1505 Pasir Julu Kecamatan Sosa Julu Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Fatimah (2024) Kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa di Kelas IV SD Negeri 1505 Pasir Julu Kecamatan Sosa Julu Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran di kelas IV masih kurang kondusif karena masih ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan pelajaran yang dijelaskan oleh guru. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SD Negeri 1505 Pasir Julu kecamatan Sosa Julu Kabupaten Padang Lawas dan bagaimana kreativitas guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 1505 Pasir Julu kecamatan Sosa Julu Kabupaten Padang Lawas. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yaitu perpanjangan waktu penelitian, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Teknik analisi data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data (display data), penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan kesimpulan penelitian yang dilakukan di SD Negeri 1505 Pasir Julu Kecamatan Sosa Julu Kabupaten Padang Lawas 1) Kreativitas guru kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV menunjukkan guru menggunakan berbagai metode pembelajaran antara lain metode ceramah, metode diskusi, metode kerja kelompok, metode tanya jawab, metode penugasan dan metode permainan. Guru menggunakan media pembelajaran seperti media gambar berseri, media kertas origami dan media poster. Guru menggunakan strategi membaca nyaring (reading aloud), dan refleksi. Guru menggunakan ice breaking bermain tepuk tangan dan ice breaking bernyanyi. 2) Hasil penelitian tentang kreativitas guru kelas IV dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa, sebelum memulai proses pembelajaran guru terlebih dahulu menanyakan bagaimana kabar siswa, keadaan siswa, suasana hati dan semangat belajar siswa. Guru memberikan arahan dan motivasi. Guru memberikan hadiah kepada siswa berupa pulpen, buku dan emoji jempol. Guru menggunakan model pembelajaran lorong waktu cita-cita. Guru menciptakan lingkungan yang menyenangkan salah satunya guru menyapa siswa dengan ramah dan bersemangat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: kreativitas Guru; Minat; Motivasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Oct 2024 08:36
Last Modified: 17 Oct 2024 02:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11160

Actions (login required)

View Item View Item