Al Fadhili, Muhammad Ro'yi (2024) Pengembangan media pembelajaran metode ar ridhwaniyah pada Lembaga Pendidikan Islam Non Formal Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2250100006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Peneliti menemukan masih ada beberapa peserta didik pada Taman Pendidikan Alquran yang belum bisa membaca Alquran dengan fasish. Hal ini ditentukan beberapa faktor (1) guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik kepada peserta didik. (2) belum tersedia media pembelajaran yang mendukung. (3) mengajar dengan metode kurang tepat. (4) kurangnya motivasi dan minat peserta didik untuk lebih belajar dalam melafalkan makharijul huruf Alquran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran metode Ar Ridhwaniyah pada lembaga pendidikan Islam Non Formal Kota Padangsidimpuan, (2) untuk mengukur tingkat praktikalitas pengembangan media pembelajaran metode Ar Ridhwaniyah pada lembaga pendidikan Islam Non Formal Kota Padangsidimpuan. (3) untuk mengukur tingkat kevalidan pengembangan media pembelajaran metode Ar Ridhwaniyah pada lembaga Pendidikan Islam Non Formal Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analaysis, Design, Development, Implementasi, Evaluasi). Instumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2023 sampai 29 Februari 2024. Jumlah peserta didik yang diteliti pada kelas Wula I sebanyak 38 orang, Wula II 39 orang dan Taman Pendidikan Baitul Qur’an Al Akhyar sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan media pembelajaran pada lembaga Pendidikan Islam Non Formal Kota Padangsidimpuan sebelumnya memakai buku (media cetak). Peneliti melakukan inovasi pengembangan media pembelajaran berbentuk media Audiovisual. (2) tingkat praktikalitas pengembangan media pembelajaran metode Ar Ridhwaniyah pada lembaga pendidikan Islam Non Formal Kota Padangsidimpuan berada pada rentang 96 sampai 70 masuk kategori praktis. (3) tingkat kevalidan pengembangan media pembelajaran metode Ar Ridhwaniyah pada lembaga Pendidikan Islam Non Formal Kota Padangsidimpuan berada pada rentang 90% masuk pada kategori sangat valid.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A |
Keywords: | Media; Metode Ar Ridhwaniyah; Pembelajaran; Lembaga Pendidikan Islam Non Formal |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 08:00 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 09:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11157 |
Actions (login required)
View Item |