Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran baca al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Ikhwan Lingkungan III Siparau Kelurahan Batunadua Julu Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua

Pulungan, Samsul Mikrot (2024) Problematika pembelajaran baca al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Ikhwan Lingkungan III Siparau Kelurahan Batunadua Julu Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100291.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang peneliti bahas dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan bacaan Al-Qur’an siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Ikhwan Lingkungan III Siparau Kelurahan Batunadua Julu Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua yang disebabkan beberapa faktor seperti: siswa susah memahami tajwid (panjang pendek), susah melafalkan huruf-huruf hijaiyah, kurangnya minat belajar siswa, faktor kemajuan teknologi, dan kurangnya dukungan orangtua. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data dan informasi seputar problematika pembelajaran baca Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Ikhwan Lingkungan III Siparau Kelurahan Batunadua Julu Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, dan Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran baca Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Ikhwan Lingkungan III Siparau Kelurahan Batunadua Julu Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterprestasikan objek sesuai dengan apa adanya yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Sumber data primernya adalah siswa dan juga guru dan sumber data sekundernya adalah data pelengkap yang dibutuhkan seperti data sekolah, data siswa, dan data-data yang terkait dengan Problematika Pembelajaran Baca Al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) kurangnya pengetahuan anak tentang tajwid, 2) kesalahan dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah, 3) kurangnya minat belajar siswa, 4) pengaruh kemajuan teknologi, dan 5) kurangnya dukungan orangtua. Adapun upaya mengatasi problematika pembelajaran baca Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Ikhwan Lingkungan III Siparau Kelurahan Batunadua Julu Kecamatan Padangsidimpun Batundaua adalah: 1) menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, 2) menggunakan variasi metode yang menarik, 3) memahami karakteristik anak, 4) memberikan motivasi, dan 5) menambah jam pelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Muhlison, M.Ag.
Keywords: Problematika; Pembelajaran; Baca Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:59
Last Modified: 14 Oct 2024 03:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11108

Actions (login required)

View Item View Item