Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kreativitas guru pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan ranah psikomotorik siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu

Munita, Lili Mia (2024) Kreativitas guru pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan ranah psikomotorik siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100138.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih adanya siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Rantau Selatan yang tidak dapat mempraktekkan tata cara berwudhu serta tata cara shalat dengan benar pada proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada ranah psikomotorik. Dalam hal ini, kreativitas guru pendidikan agama Islam merupakan hal yang sangat penting dalam keberhasilan proses kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu dalam mengembangkan ranah psikomotorik siswa pada mata pelajaran agama Islam sangat diperlukan adanya kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kreativitas yang dilakukan guru PAI dan faktor pendukung serta penghambat kreativitas guru PAI dalam mengembangkan ranah psikomotorik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan dengan mengambil masalah-masalah yang aktual. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu guru PAI di SMP Negeri 2 Rantau Selatan sedangkan data sekundernya adalah kepala sekolah dan peserta didik di SMP Negeri 2 Rantau Selatan. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah bentuk-bentuk kreativitas yang dilakukan guru PAI dalam mengembangkan ranah psikomotorik siswa yaitu kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran, mengkombinasikan metode pembelajaran, memberi penguatan dan mengelola kelas. Faktor pendukung kreativitas guru PAI dalam mengembangkan ranah psikomotorik siswa yaitu profesionalisme guru PAI dan keikutsertaan guru dalam berbagai pelatihan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sarana dan prasarana serta keadaan atau kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Fauziah Nasution, M.Ag.
Keywords: Kreativitas; Guru PAI; Psikomotorik; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:00
Last Modified: 09 Oct 2024 08:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11072

Actions (login required)

View Item View Item