Harahap, Sofia Fadilah (2024) Strategi pemasaran Hotel Natama Syariah di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Hotel Natama Syariah di Kota Padangsidimpuan salah satu sektor jasa yang menerapkan prinsip syariah. Dalam hal ini terdapat masalah pada Hotel Natama Syariah yang sebagian orang beranggapan hotel syariah hanya untuk kalangan muslim saja, padahal hotel syariah merupakan akomodasi terbuka untuk segala kalangan baik muslim ataupun nonmuslim. Oleh karena itu hotel syariah yang seharusnya menjadi hotel unggul karena notabene negara Indonesia terkhususnya di Kota padangsidimpuan penduduknya mayoritas muslim dengan populasi 85,9%. Namun Hotel Natama Syariah tidak demikian, jumlah pengunjung yang masih rendah. Padahal dari segi lokasi Hotel Natama Syariah berada dilokasi yang strategis. Maka penelitian ini diharapkan dapat membantu manajemen Hotel Natama Syariah untuk menentukan strategi pemasaran secara efektif dari penerapan strategi dengan menggunakan teknis bauran pemasaran 7P dan metode SWOT, teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian Hotel Natama Syariah menerapkan strategi digital marketing sebagai akses promosi yang digunakan dengan pengelolaan yang baik akan memberikan dampak yang besar bagi perkembangan hotel. produk yang ditawarkan seperti kamar yang berjumlah 39 kamar yang tersedia. Terdiri dari Family Suite, Deluxe, Suprieor, Standart. Adapun produk lainnya yang ditawarkan oleh Hotel Natama Syariah seperti Aula Room, Marpokat Room, Vip Room, Tabona Resto, Borgona Coffee Shop, Jogina Mini Shop. Aula room berkapasitas 100 orang. Harga yang ditawarkan oleh Hotel Natama Syariah cukup terjangkau, karena harga yang diberikan sesuai dengan fasilitas dan kualitas yang diberikan. Stratelgi Pelmasaran Hotell Natama Syariah SO strelngth-opportulnity dapat melmpelrkulat kulalitas hotell delngan melmanfaatkan lokasi hotell, WO welaknelss-opportulnity yaitul delngan melningkatkan fasilitas hotell ulntulk melmbelrikan pellayanan yang telrbaik, ST strelgth-threlats yaitul Taglinel yang dimiliki hotell dan harga yang lelbih telrjangkaul akan melmuldahkan hotell dikelnal olelh wisatawan, WT welaknelss-threlats yaitul delngan melng-ulpgridel fasilitas akan melmbelrikan kelnyamanan yang lelbih kelpada pelngulnjulng. Dalam hasil analisis perusahaan berada di situasi yang menguntungkan dengan dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk menghindari ancaman yang ada dalam perusahaan dan memperbaiki kelemahan dalam perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Darwis Harahap, M.Si dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I |
Keywords: | Strategi pemasaran; Analisis SWOT; Hotel Natama Syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:34 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11046 |
Actions (login required)
View Item |