Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh brand communication dan brand image terhadap brand trust dan dampaknya pada loyalitas brand (studi kasus pada Fintech Bibit)

Matondang, Fadhilah (2024) Pengaruh brand communication dan brand image terhadap brand trust dan dampaknya pada loyalitas brand (studi kasus pada Fintech Bibit). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu, salah satunya dengan kehadiran berbagai layanan keuangan Fintech, salah satunya platform Bibit. Bibit merupakan salah satu platform fintech investasi yang cukup banyak digunakan oleh para investor. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Dalam kaitannya dengan aspek bisnis, sebuah perusahaan memiliki prioritas utama untuk membentuk sikap konsumen yang setia atau loyal terhadap merek. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Brand Communcation dan Brand Image Terhadap Brand Trust dan Dampaknya pada Loyalitas Brand. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Brand Communication dan Brand Image Terhadap Brand Trust dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Brand (Studi Kasus Pada Fintech Bibit). Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan brand communication, brand image, brand trust, dan loyalitas brand. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang disebar kepada pengguna fintech Bibit yang aktif di aplikasi X (Twitter) dengan kriteria merupakan pengguna fintech Bibit minimal 6 bulan. Penyebaran kuisioner dilakukan dalam bentuk google form. Data penelitian ini diolah dengan metode PLS-SEM. Hasil pengelolaan data penelitian menunjukkan bahwa brand communication berpengaruh signifikan terhadap brand trust, brand image berpengaruh siginifikan terhadap brand trust, brand communication tidak berpengaruh terhadap loyalitas brand, brand image berpengaruh signifikan terhadap loyalitas brand, brand trust berpengaruh siginifkan terhadap loyalitas brand, brand communication berpengaruh terhadap loyalitas brand melalui brand trust, serta brand image berpengaruh terhadap loyalitas brand melalui brand trust. Penelitian ini dapat digunakan sebagai ukuran variabel-variabel yang mempengaruhi loyalitas pada pengguna fintech Bibit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Arti Damisa, M.E.I
Keywords: Brand communication; Brand image; Brand trust; Loyalitas brand; Fintech Bibit
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:21
Last Modified: 04 Oct 2024 03:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11044

Actions (login required)

View Item View Item