Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas layanan mobile banking, keamanan dan daya tanggap terhadap kepuasan nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP Panyabungan

Hasibuan, Cholifah Hannum (2024) Pengaruh kualitas layanan mobile banking, keamanan dan daya tanggap terhadap kepuasan nasabah PT. Bank Syariah Indonesia KCP Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940100129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi di bidang perbankan yaitu layanan berupa aplikasi mobile banking. Layanan mobile banking diharapkan dapat memberikan kepuasan nasabah dengan memberikan kemudahan bertransaksi kapan saja dan dimana saja, namun seiring berkembangnya zaman mobile banking sering mengalami penipuan yang menjadi perhatian nasabah, sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh terhadap kualitas layanan mobile banking, keamanan dan daya tanggap. Kepuasan nasabah PT Bank Syariah Indonesia KCP Panyabungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas layanan mobile banking, keamanan dan daya tanggap berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di PT Bank Syariah Indonesia KCP Panyabungan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Berkaitan dengan hal tersebut, pendekatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan kualitas layanan, teori layanan dalam perspektif Islam, pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah, mobile banking, manfaat penerapan mobile banking, dampak penggunaan mobile banking, kekurangannya. layanan mobile banking, memahami keamanan. , pengaruh keamanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah, pemahaman responsiveness, pengaruh responsiveness terhadap kepuasan nasabah.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 97 orang. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 23. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji parsial (t), dan uji simultan (F).Hasil penelitian dengan menggunakan uji parsial (t) menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan keamanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan mobile banking Bank Syariah Indonesia dan variabel daya tanggap tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah dalam penggunaan mobile banking Bank Syariah Indonesia. . Sedangkan hasil uji simultan (F) variabel kualitas pelayanan dan keamanan serta daya tanggap mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah penggunaan mobile banking bank syariah indonesia KCP Panyabungan, dengan uji customized R square sebesar 0,334 atau 33,4%. yang berarti kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, keamanan dan daya tanggap sebesar 33,4% sedangkan sisanya sebesar 66,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak peneliti masukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Ja’far Nasution, M.E.I
Keywords: Layanan mobile banking; Keamanan; Daya tanggap; Kepuasan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:57
Last Modified: 03 Oct 2024 02:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11026

Actions (login required)

View Item View Item