Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran air mineral merk Formula Paluta

Hasibuan, Nur Kholiza (2023) Strategi pemasaran air mineral merk Formula Paluta. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul Strategi Pemasaran Air Mineral Merk Formula Paluta. Dimana Formula Paluta adalah sebuah merk air minum dalam kemasan yang diproduksi oleh Formula Paluta di Padang Lawas Utara yang berdiri pada tahun 2007. Formula Paluta memproduksi air minum dalam bentuk galon, dan kemasan (kotak). Air minum dalam kemasan di perusahaan ini lebih dominan karna hanya perusahaan ini yang memproduksi air minum dalam kemasan di daerah tersebut. Pada tahun 2019 produksi Formula Paluta 285.000 dan penurunan berlanjut pada tahun 2020 menjadi 220.000 selanjutnya pada tahun 2021 penurunan yang merosot dalam produksi Air Mineral Formula Paluta memproduksi 185.000. Formula Paluta mengalami produksi penurunan tahun 2019 sampai 2021 mempunyai dampak yang tidak baik dalam mendapat keuntungan dari tahun sebelum terjadi Covid-19 dan dikarenakan ada juga saingan produk luar yang memproduksi air mineral yang menjadi daya saing Formula Paluta dalam menjualkan produk air mineral tersebut khususnya di daerah Gunung Tua dan sekitarnya. Teori yang digunakan dalam penelitian yaitu analisi SWOT yang dapat mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan, peluang, namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan penelian yaitu kualitatif dengan metode deksriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada Formula Paluta tentang strategi pemasaran Air Mineral Merk Formula Paluta dengan menggunakan sistem marketing mix yang biasa disebut 4P yaitu produk, harga, tempat, promosi. Analisis SWOT Formula Paluta yaitu, kekuatan (lokasi pabrik yang strategis dekat dengan pemukiman masyarakat, karyawan yang ramah dan tanggap dalam melayani kebutuhan pelanggan, memiliki kapasitas produk yang baik, adanya bonus produk jika pemesanan banyak). Kelemahan Formula Paluta (belum memakai alat dengan teknoogi tinggi, ruang gudang terbatas, Formula Paluta susah untuk melakukan antar produk karena kadang kala lokasi konsumen jauh dari pemukiman kota). Peluang Formula Paluta (produk dapat dikonsumsi semua kalangan, memiliki pesaing lokal yang sedikit, kebutuhan air minum sangat tinggi, respon positif pelanggan terhadap produk). Ancaman Formula Paluta (masih banyak karyawan yang tidak disiplin, adanya merk air mineral dari luar, kurangnya promosi terhadap konsumen maupun masyarakat, karyawan dalam bekerja seperti terlambat datang dan tidak hadir tanpa kabar).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E
Keywords: Strategi; Pemasaran; Air Mineral
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:24
Last Modified: 26 Sep 2024 08:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10967

Actions (login required)

View Item View Item