Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran qardh beragunan emas KCP BSI Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Nurti Rosalina (2023) Strategi pemasaran qardh beragunan emas KCP BSI Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100318.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Pemasaran Qardh Beragunan Emas yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia di wilayah Gunung Tua sudah cukup efektif dalam memasarkan produknya, Bank mempromosikan produknya melalui banyak strategi. Hal tersebut membuat nasabah yang menggunakan produk Qardh Beragunan Emas meningkat disetiap tahunnya. Akan tetapi peningkatannya sangat sedikit dan tidak begitu pesat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua pada saat ini. Dan bagaimana cara memasarkan produk pembiayaan Qardh Beragunan Emas dalam meningkatkan nasabah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai Strategi Pemasaran dan Qardh Beragunan Emas. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan dua teknik yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua pada pembiayaan Qardh Beragunan Emas yaitu dengan menerapkan bauran pemasaran atau Marketing Mix yakni Strategi Produk, Strategi Price, Strategi Pleace, Strategi Promotion, Strategi Proces. Strategi pemasaran produk Qardh Beragunan Emas Bank Syariah Indonesia sudah cukup berkembang, karena berdasarkan wawancara yang didapat dari karyawan Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara menggunakan strategi promosi yang cukup maksimal dan nasabah yang menggunakan produk Qardh Beragunan Emas meningkat setiap tahunnya setelah menggunakan Strategi Promosi dengan menggunakan Marketing Mix.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si dan M. Yarham, M.H
Keywords: Strategi; Pemasaran; Qardh
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:51
Last Modified: 26 Sep 2024 04:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10960

Actions (login required)

View Item View Item