Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas produk dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian produk Bank Syariah Indonesia

Rambe, Sri Wahyuni (2024) Pengaruh kualitas produk dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian produk Bank Syariah Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840100171.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Produk bank syariah Indonesia ini pun memiliki produk yang tergolong mampu bersaing dengan perbankan konvensional, karena bank syariah dan konvensional kini telah memiliki pasarnya tersendiri. keputusan pembelian dapat muncul akibat adanya electronic word of mouth di dalamnya. Menurut Goyette et al., dalam mengukur pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) menggunakan dimensi yaitu Intensitas, Valensi Opini, dan Konten. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: apakah berpengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian pada Produk Perbankan Syariah. Kualitas Produk (Product Quality) adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya meliputi, daya tahan keandalan, ketepatan kemudahan operasi dan perbaikan, serta atribut bernilai lainnya. EWOM adalah suatu bentuk kesediaan konsumen untuk secara suka rela memberikan rekomendasi kepada orang lain untuk membeli atau menggunakan produk suatu perusahaan melalui media internet. Digital Marketing adalah istilah umum untuk pemasaran barang atau jasa yang ditargetkan, terukur, dan interaktif dengan menggunakan teknologi digital. Keputusan pembelian ialah tahapan berdasarkan kegiatan kebijakan pelanggan yang melaksanakan Tindakan pembelian barang yang dipasarkan oleh sebuah instansi marketing. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara deskriptif Kuantitatif. Sampel yang menjadi acuhan oleh peneliti sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunkan dokumentasi, observasi dan Kusioner melalui Google Forms. Analisis data menggunkan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Terdapat pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian, serta secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Fhitung sebesar 14,28 sedangkan Ftabel sebesar 2.01 sehingga Fhtung > Ftabel. Kualitas produk merupakan faktor dominan yang berpengaruh positif kepada keputusan pembelian. Hal ini diperoleh Kualitas Produk > Electronic Word of Mouth (e-WOM) yaitu 0,571 > 0,478.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Indah Permatasari Siregar, M.Si
Keywords: Kualitas Produk; E-WOM; Keputusan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:47
Last Modified: 26 Sep 2024 02:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10950

Actions (login required)

View Item View Item