Marsaulina, Kiki (2024) Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji pada PT. Bank Muamalat Indoensia KCU Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840100095.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan merupakan bank syariah yang terletak di Padangsidimpuan yang wilayah kerjanya mencakup sekitaran Padangsidimpuan dan Tapanuli Selatan. PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan bukanlah satu-satunya bank syariah yang menawarkan produk tabungan haji yang ada di Padangsidimpuan sehingga menimbulkan persaingan yang ketat serta nasabah tabungan haji PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan mengalami penurunan jumlah nasabah dari tahun 2019-2021 tetapi justru mengalami peningkatan drastis pada tahun 2022. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 2 pegawai BMI dan 3 nasabah BMI dengan menggunakan teknik mengolah data menggunakan Nvivo. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan dengan cara sosialisasi, terjun langsung serta melalui personal selling kepada masyarakat atau calon nasabah untuk memperkenalkan produk tabungan haji serta dengan promosi ke sosial media sehingga dapat meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji. Kemudian memberikan pelayanan berupa service dimana pihak bank akan menemani nasabah mendapatkan porsi haji ke kemenag dan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. Menurut peneliti kendala dalam memasarkan tabungan haji yang membuat nasabah kurang berminat untuk membuka tabungan haji yaitu dikarenakan kurangnya SDM bagian pemasaran yang berpengalaman dan tidak semua nasabah bisa menggunakan media sosial sehingga pihak BMI terbatas melakukan pemasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Adanan Murroh Nasution, M.A. |
Keywords: | Strategi Pemasaran; Nasabah; Tabungan Haji |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 04:49 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 08:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10938 |
Actions (login required)
View Item |