Nasution, Rahma Wati (2024) Pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di MTsN 3 Tapsel Batangtoru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920200062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Salah satu faktor keberhasilan pendidikan tercermin dari bagaimana cara mengajar guru. Setiap gaya mengajar guru dapat menimbulkan kesan yang berbeda untuk peserta didik. Penggunaan metode mengajar yang monoton membuat siswa mudah bosan dan kehilangan minat untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut, guru hendaknya melakukan variasi gaya mengajar agar terwujud situasi belajar yang menyenangkan sehingga minat peserta didik terhadap suatu pelajaran meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika khusunya materi SPLDV di MTsN 3 Tapsel Batang toru.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 3 Tapsel dan Untuk menentukan besarnya sampel, pada setiap kelas dilakukan dengan alokasi proporsional agar sampel yang di ambil proporsional sehingga di dapat sampel dalam penelitian ini yaitu 42 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengumpuan angket yang berupa angket gaya mengajar guru dan minat belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 24. Guru memegang peranan penting terhadap proses belajar siswa melalui pembelajaran yang dikelolanya. Untuk itu guru perlu menciptakan kondisi yang memungkinkan terjadinya proses interaksi yang baik dengan siswa dan menggunakan gaya mengajar yang menarik juga bervariasi sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh positif gaya mengajar guru terhadap minat belajar. Besar sumbangan gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa sebesar 11,1% dan sisanya sebesar 89,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Diyah Hoiriyah, M.Pd |
Keywords: | Gaya mengajar guru; Minat belajar siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:30 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10936 |
Actions (login required)
View Item |