Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kreativitas guru Qur’an Hadits dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli Muaratais Kec. Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Wahdini, Wahdini (2024) Kreativitas guru Qur’an Hadits dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli Muaratais Kec. Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kreativitas guru dalam proses belajar mengajar sangat penting karena akan mambantu siswa untuk meningkatkan semangat belajar didalam diri siswa, selain daripada itu, dari kekreativan guru tersebut tidak dikatakan pembelajaran yang terkesan monoton dan membosankan bagi para siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kreativitas guru Al-Qur’an Hadits dalam menyampaikan pembelajaran qur’an hadits di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli kecamatan Batang Angkola kabupaten Tapanuli Selatan? Apa kendala guru Al-Qur’an Hadits dalam berkreasi untuk menyampaikan pembelajaran qur’an hadits di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli kecamatan Batang Angkola kabupaten Tapanuli Selatan? Apa solusi kreasi guru Al-Qur’an Hadits dalam menyampaikan pembelajaran di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Janji Mauli kecamatan Batang Angkola kabupaten Tapanuli Selatan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kualitatif merupakan metode yang digunakan untuk memahami fenomena yang di alami oleh subjek penelitian dengan cara deskriptif dan peneliti sebagai instrumen kuncinya. Untuk pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan menggunakan teknik analisis komponensial yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas guru qur’an hadits dapat dilihat dari rasa ingin tahu yang besar dan termotivasi untuk menemukan ide- ide baru. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran dan dengan menggunakan metode pembelajaran yang beragam. 2) Kendala guru Qur’an Hadits dalam berkreasi untuk menyampaikan pembelajaran adalah kurangnya ketersediaan media yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi, dan kurang dalam keterampilan teknologi. 3) Adapun solusi dari permasalahan guru qur’an hadits adalah dengan menggunakan media seadanya baik itu berupa media gambar. Mengajukan kepada pihak sekolah untuk mengadakan pelatihan mengenai pengembangan keterampilan teknologi yang relevan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Syafnan Lubis, M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Kreativitas guru; Qur’an Hadits
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:55
Last Modified: 24 Sep 2024 02:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10932

Actions (login required)

View Item View Item