Siregar, Saima Putri (2024) Strategi guru dalam membina karakter santri di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pendidikan Daarul Mukhlishin Bahab Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100162.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Karakter atau akhlak merupakan buah yang dapat dihasilkan dari proses penerapan ajaran agama yang meliputi sistem keyakinan (akidah) dan hukum syariah. Banyak santri di pesantren yang melanggar peraturan. Maka sangat perlu strategi guru untuk membina karakter santri di pesantren. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam pembinaan karakter santri serta untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru dalam pembinaan karakter santri di pondok pesantren daarul mukhlishin. Strategi pada intinya adalah langkah-langkah terencana yang bermakna luas dan mendalam yang dihasilkan dari sebuah proses pemikiran dan perenungan yang mendalam berdasarkan pada teori dan pengalaman tertentu. Strategi adalah cara-cara yang dipilih dan di gunakan guru untuk menyampaikan bahan pelajaran sehingga memudahkan anak didik menerima, memahami, mengolah, menyimpan dan memproduksi bahan pembelajaran. proses pendidikan karakter ataupun pendidikan akhlak dan karakter bangsa sudah tentu harus dipandang sebagai usaha sadar dan terencana, bukan usaha yang sifatnya terjadi secara kebetulan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui metode wawancara, metode observasi, metode. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam di MTs Daarul Mukhlishin Bahap. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, deskriptif data, klarifikasi data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Strategi yang dilakukan guru dalam pembinaan karakter santri ada 8 yaitu guru sebagai teladan, guru sebagai pembimbing, guru sebagai yang mengarahakan, guru sebagai evaluator, strategi pembinaan karakter dengan menggunakan model pembelajaran afektif, strategi pembinaan karakter dengan menggunakan model pembelajaran kuantum, strategi pembinaan karakter melalui program-program yang dilakukan guru dalam rangka pembinaan karakter siswa di pondok pesantren. Kendala yang dihadapi dari faktor internal yang terdiri dari kurangnya minat belajar dan tidak konsentrasi dalam belajar. Faktor eksternal terdiri, lingkungan madrasah yang kurang mendukung, lingkungan masyarakat dan kurangnya sarana dan prasana di madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Karakter; Santri; Strategi; Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 03:56 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 04:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10840 |
Actions (login required)
View Item |