Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk pembiayaan amanah pada Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan

Manik, Fitri Annisa (2024) Strategi pemasaran produk pembiayaan amanah pada Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berakar dari kurangnya pengetahuan masyarakat tentang Pegadaian, terutama terkait produk Amanah (pembiayaan kendaraan bermotor syariah). Masih banyak masyarakat yang lebih memilih untuk membeli kendaraan bermotor melalui leasing konvensional, padahal di Pegadaian telah tersedia pembiayaan kendaraan bermotor secara syariah yang jauh lebih terjangkau daripada leasing konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan amanah (pembiayaan kendaraan bermotor syariah) yang dilakukan oleh Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Sumber data utama adalah data primer, yang dikumpulkan melalui wawancara dengan karyawan Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan adalah dengan memanfaatkan bauran pemasaran (marketing mix) 7P, yaitu produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik. Aspek-aspek yang menarik nasabah di Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan termasuk pilihan kendaraan bermotor baru atau bekas dengan persyaratan yang mudah dan cicilan yang terjangkau. Strategi penetapan harga yang bersaing dengan lembaga keuangan lainnya seperti bank, serta lokasi strategis dan pelayanan yang memuaskan juga menjadi bagian dari strategi pemasaran Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Melalui strategi promosi, Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan mendistribusikan brosur, memberikan penjelasan kepada nasabah, dan membuat iklan agar masyarakat lebih mengenal Pegadaian, terutama produk Amanah. Keunggulan produk Amanah di Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan termasuk layanan yang tersedia di outlet Pegadaian di seluruh Indonesia, cicilan yang terjangkau, uang muka yang mudah, dan angsuran tetap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A dan Ihdi Aini, M.E
Keywords: Strategi; Pemasaran, Produk Pembiayaan Amanah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:54
Last Modified: 02 Sep 2024 05:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10800

Actions (login required)

View Item View Item