Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kemampuan menulis permulaan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negri Swasta Riyadusshalihin Desa Pudun Jae Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan

Siregar, Anisah (2024) Upaya meningkatkan kemampuan menulis permulaan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negri Swasta Riyadusshalihin Desa Pudun Jae Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa disebabkan faktor guru tidak menggunakan atau mengaplikasikan model pembelajaran sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas. Rumasan masalah pada penelitian ini adalah Apakah Pembelajaran Picture and Picture Dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Di Kelas I Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Swasta Riyadusshalihin Desa Pudun Jae?, Bagaimana Proses Pembelajaran Model Pembelajaran Picture and Picture Didalam Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas I Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Swasta Riyadusshalihin Desa Pudun Jae?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Picture and picture dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi bahasa indonesia kelas I di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Swasta Riyadusshalihin Desa Pudun Jae Kecamatan Batu Nadua Kota Padangsidimpuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan. pada tes awal menulis siswa memperoleh nilai rata-rata ketuntasan dalam menulis lambang huruf yaitu 69,70 dengan persentase 41%. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata ketuntasan dalam menulis suku kata yaitu 74,41, dengan persentase 52%. Pada siklus I pertemuan 2 siswa yang tuntas dengan persentase 70%, denga hasil nilai rata-rata 78,82. Pada siklus II pertemuan 1 dengan persentase 82%, dengan nilai rata-rata 82,94. Pada pertemuan 2 dengan persentase 88%, dan memperoleh nilai rata-rata 87,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Swasta Riyadusshalihin Desa Pudun Jae Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Menulis permulaan; PTK; Model pembelajaran picture and picture
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:39
Last Modified: 29 Aug 2024 03:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10786

Actions (login required)

View Item View Item