Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh brand awareness, brand image, media communication terhadap minat memilih produk Bank Sumut Cabang Syariah (studi kasus pada masyarakat Kelurahan Sitamiang Link IV Kota Padangsidimpuan)

Ihsan, Muhammad (2023) Pengaruh brand awareness, brand image, media communication terhadap minat memilih produk Bank Sumut Cabang Syariah (studi kasus pada masyarakat Kelurahan Sitamiang Link IV Kota Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Minat masyarakat terhadap perbankan syariah rendah dibandingkan perbankan konvensional. Kurangnya kesadaran, promosi yang lemah, dan persepsi negatif tentang perbankan syariah memengaruhi minat konsumen, menciptakan tantangan dalam meningkatkan preferensi terhadap bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Media Communication terhadap minat memilih produk Bank sumut cabang syariah di Kelurahan Sitamiang Link IV Kota Padangsidimpuan. Teori penelitian ini adalah perilaku konsumen. Perilaku konsumen dalam ekonomi Islam menekankan sikap mengutamakan kepentingan orang lain, sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Teori Perilaku Konsumen (Consumer Behavior) mencakup faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis yang mempengaruhi keputusan pembelian. Brand Awareness adalah kesadaran konsumen tentang merek, sementara Brand Image adalah persepsi konsumen terhadap merek. Penggunaan media komunikasi adalah elemen penting dalam pemasaran Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (Brand Awareness, Brand Image, dan Media Communication) dan variabel dependen (Minat Memilih Produk Bank sumut cabang syariah). Studi kasus ini melibatkan masyarakat sebagai responden yang dipilih secara acak dengan menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 97 responden yang merupakan warga Lingkungan IV Kelurahan Sitamiang. Hasil penelitian menunjukkan brand awareness dan media communication berpengaruh signifikan terhadap minat memilih produk Bank Sumut Cabang Syariah. Kampanye pemasaran aktif dan promosi meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat. Kehadiran bank ini di media komunikasi positif membangun citra baik. Implikasi praktisnya adalah meningkatkan layanan, brand awareness, dan citra melalui media untuk memperluas pangsa pasar. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan kualitas layanan, meningkatkan tingkat brand awareness, dan memperkuat citra positif melalui media communication guna membangun hubungan yang kuat dengan masyarakat dan memperluas pangsa pasar di wilayah Lingkungan IV Kelurahan Sitamiang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Adanan Murroh Nasution, M.A
Keywords: Brand awareness; Brand image; Media communication
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:34
Last Modified: 23 Aug 2024 08:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10754

Actions (login required)

View Item View Item